Sabtu, 30 Juni 2012

anak sehat, susu halal inovasinya


susu, halal, frisian flag, ibu anak, inovasi,

Kalau mendengar kata susu apa ya hal yang pertama terbayang? hehehe... jangan berfikiran negatif dulu kawan, awalnya penulis blog sempet heran juga pas denger ada lomba nulis artikel mengenai susu halal eaaa susu halal?.. jangan kemana-mana dulu pikirannya, susu yang dimaksud disini adalah minuman yang sangat populer dan disukai baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. susu sendiri menurut bapak rizal damanik (dosen gue ini :p) merupakan suatu cairan yang unik dan mengandung banyak sekali komponen gizi di dalamnya, kandungan gizi dalam susu adalah 87% air, 4,8% laktose, protein 3,4%, lemak 3,7% dan 0,8 % vitamin & mineral.  melihat cukup tingginya kandungan gizi dalam susu seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin (A,D, riboflavin dan sedikit C & E) dan mineral (kalsium), susu menjadi salah satu asupan gizi yang bagus dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan otak mzupun tubuh balita dan anak-anak.

aku suka susunya hingga tetes terakhir.....  :D

berkat kemajuan teknologi saat ini berbagai inovasi baru mengenai produk susu untuk anak juga semakin banyak dari penambahan probiotik, prebiotik, memperkaya dengan berbagai vitamin & mineral, penambahan asam amino esensial, penambahan asam lemak tidak jenuh dan lain-lain. salah satu inovasi dari salah satu produsen susu sebut saja frisian flag adalah penambahan isomaltulosa pada susu anak balita. isomaltulosa merupakan karbohidrat yang didapat dari gula tebu dan madu. penambahan isomaltulosa yang menghasilkan glukosa alami serta dengan kombinasi penambahan vitamin dan mineral yang pas pada produk susu ini dapat memberikan asupan energi yang bertahan lebih lama bagi otak anak-anak, dengan asupan energi ke otak yang lebih banyak maka anak-anak akan lebih mudah dalam berkonsentrasi dan daya ingat yang lebih baik :)

semakin beragamnya inovasi dalam produk susu anak hal lain yang perlu kita cermati adalah masalah kehalalan produk susu tersebut, produk susu bisa jadi tidak halal akibat dari penambahan bahan-bahan atau komponen-komponen lain dalam susu seperti penambahan vitamin, flavor, whey, dan lain-lain yang berasal dari hewan yang haram misalnya seperti babi atau hewan halal yang disembelih tidak dengan cara islam. nah saat ini orang tua harus lebih cermat dalam pemilihan produk susu untuk anak-anaknya agar anak dapat tumbuh sehat dengan susu yang halal :D cara yang paling mudah untuk mengetahui produk susu tersebut bersertifikat halal adalah dengan melihat ada atau tidaknya label halal dalam kemasan produk tersebut :)
MUI, LPPOM, halal
label halal
dengan adanya label halal ini para orang tua dipermudah dalam memilih produk susu yang halal untuk asupan gizi anak-anak :D ...

selain masalah kehalalan dan kandungan gizinya yang perlu diperhatikan dalam produk susu adalah masalah penyimpannnya. untuk produk susu bubuk, sebaiknya disimpan di wadah yang tertutup rapat dan disimpan di tempat yang tidak lembap/kering agar susu bubuk tidak cepat menggumpal, sedangkan untuk produk susu cair pasteurisasi sebaiknya disimpan pada suhu lemari es agar susu terhindar dari bakteri, penyimpanan produk susu yang benar akan menjaga kandungan gizi pada susu dan juga akan memperpanjang umur simpan produk tersebut :)
 
sekian dulu, semoga postingan blog ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya, penulis tak luput dari berbagai kesalahan jadi mohon kritik dan sarannya juga yaa ;)

sumber :
http://halalmui.org
http://frisianflag.com
http://ibudanbalita.com

4 komentar:

  1. aku suka banget sama blognya..
    isi blog dan postinganya bagus, menarik dan bermanfaat sakali..:)
    jangan lupa untuk terus menulis menulis yaa..^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya udah mampir dan mau baca2 :)
      masih amatir nih dalam hal tulis menulis :p

      salam kenal juga, anak ipb juga ya?? sip, udah di folback :)

      Hapus
  2. saya suka susu, yang halal! :3
    mas halal itu pasti 100% yah? kalau 99% namanya ga halal? ya kan? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya halal itu mutlak, ga ada 99% halal... hehehe :p

      Hapus