Sabtu, 08 Desember 2012

crazy simple think to save energy

hai kawan semua...  sekarang ini permasalahan tentang krisis energi banyak banget jadi perbincangan ya? mulai bahan bakar sampai sumber energi manusia, hehehe, nah sebenernya apa sih hal-hal kecil yang bisa kita lakuin buat paling ngga menghemat energi? nah disini gw mau nulis beberapa opini gw mengenai pemikiran sederhana gw biar kita bisa menghemat energi... so cekidot :)

1. 3R (reduce reuse recycle)
nah disini bisa kita mulai dengan memisahkan sampah, baik yang organik dan anorganik, sampah sampah yang udah dikategorikan ini bisa kita manfaatkan lebih lanjut lho kawan, misal untuk sampah-sampah organik bisa kita jadikan sepabai kompos yang dapat menuburkan tanah, sampah anorganik yang masih bisa kita manfaatkan bisa pula diubah bentuknya menjadi hal yang lebih berguna misalnya aja... sering liat ngga tas-tas belanja ibu-ibu yang terbuat dari hasil daur ulang sampah plastik? nah kayak gitu... hal tersimpel yang bisa kita lakuin yaitu mengurangi penggunaan plastik dan kertas :) misalnya aja dengan membawa botol minum sendiri kalo ke kampus/sekolah/kantor, atau pas belanja ke supermarket atau belanja kemana pake tas sendiri yang bisa dipake berulang kali jadi ngga usah pake tas plastik dari tokonya :) dengan menghemat penggunaan plastik kita juga turut mengurangi jumlah sampah palstik lho :) begitupula jika kita menghemat kertas atau mendaur ulang kertas bekas, kita bisa mengurangi jumlah penebangan pohon yang jadi bahan baku kertas :)

2. Gunakan transportasi umum/ jalan kaki/ bersepeda
well, kalo kita cuma mau sekedar ke warung depan rumah ngga usah pake motor juga kali ya kita bisa jalan kaki kan? atau kalo yang ke sekolah/kampus/kantor pake kendaraan pribadi sekali2 cobalah buat pake transportasi umum dong selain hemat bahan bakar juga cukup mengurangi polusi udara lho, bisa juga naik sepeda, selain hemat bahan bakar dan hemat duit bisa sambil olah raga juga kan? jadi lebih sehat deh hehehe... so tunggu apalagi coba buat ngga pake kendaraan pribadi? bisa bersepeda or jalan kaki ( jalan kaki 10000 langkah tiap hari mencegah osteoporosis juga lho :p) yang bikin kita sehat dan menghemat bahan bakar bahkan bisa ngurangin polusi udara  ;)

3. Hemat Air
yuk kawan-kawan semua kita hemat air yuk... jumlah air bersih semakin sedikit aja kan? liat aja kalau musim kemarau banyak kekeringan dimana-mana, maka dari itu disaat kita masih banyak air gini kita jangan boros2in tuh air yaa... kayak hal simpelnya adalah kalo lagi cuci tangan di washtafel jangan dinyalain mulu airnya, kalo lagi pake sabun misalnya bisa dimatiin dulu krannya, atau kita mandi pake shower jangan mandi pake bathtube :p hahaha... dan ada tips dari temen gw biar kita hemat air adalah, pasang poster-poster dari negara yang kesulitan air di deket kamar mandi atau washtafel jadi pas mau mandi atau cuci tangan inget deh masih ada sodara-sodara kita yang kesulitan masalah air bersih dan kita jadi berusaha menghemat air deh, hehehe ;)

4. Tanam Pohon
ayo menanam :D satu orang satu pohon dan rawat pohon tersebut dengan baik, bisa bayangin kan kalo ada banyak pohon apa yang akan terjadi? pohon bisa menampung/menahan air jadi bisa mencegah banjir, pohon bisa menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen jadi bisa ngurangin polusi udara :)... selain itu yang perlu kita pikirkan adalah energi untuk manusia hahaha, kita juga butuh energi kan? nah ketersediaan energi kita juga makin lama makin berkurang (maksudnya lahan pertanian makain sempit = produksi hasil pertanian berkurang), jadi kita harus cari alternatif energi untuk manusia ini, hehehe, simpelnya adalah hilangkan anggapan belum makan nasi artinya belum makan, hellloooo??? nasi adalah sumber karbohidrat dan kita punya sumber karbohidrat lain seperti singkong, jagung, ubi dan lain sebagainya. jadi ubahlah mindset bahwa belum makan nasi artinya belum makan, jadi petani kita ngga dipaksa produksi beras melulu buat menuhin perut kita-kita :p

5. Hemat Listrik
yoyoyo, mari kita hemat listrik, simpelnya adalah matiin peralatan listrik yang ngga dipake iya ngga? dengan mengemat listrik kita juga berarti mengemat bahan bakar lho, hal paling gampang adalah matiin lampu yang ngga kita pake atau mulai sekarang yang kalo tidur masih ditemani oleh cahaya lampu coba deh latihan buat tidur ngga pake cahaya lampu, lumayan lho bisa ngirit buat bayar listrik juga kan ya? hahaha, atau ngelepas charger HP dari colokan listrik, ini simpel lho tapi kadang pada lupa ngga ngelakuin ini, iya ngga???



nah itu tadi sekedar sharing opini dari gw semoga bisa bermanfaat ya buat yang ngebaca, dan jangan lupa lakuin hal-hal yang terlihat simpel namun akan membawa dampak yang besar, iya ngga???
jadi ayo mulai dari hal kecil untuk menghemat energi dan untuk masa depan anak cucu kita nanti :D

2 komentar:

  1. simplicity the best. padet dan to the point. itu ilustrasi kamu semua yang buat. keren hehehe
    ide ini boleh banget bro,, >> pasang poster-poster dari negara yang kesulitan air di deket kamar mandi atau washtafel..

    pasti working banget deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sis :D itu ilustrasi digambar sama temenku dan ku edit sendiri :))

      iya itu idenya boleh banget.. lagi mau bikinin poster tentang itu juga sebenernya :D

      Hapus