Sabtu, 01 Maret 2014

Menikmati Indahnya Lampion di Mid Autumn Festival


Anak-anak panti asuhan yang bermain dan bergembira di mid autumn festival. photo by qori emilia



Tahun lalu saya berkesempatan untuk tinggal di Ho Chi Minh City Vietnam selama 4 bulan berkat program beasiswa AIMS (Asean international Mobility for Students) dari Direktorat Pendidikan Tinggi. Selama disana saya mengikuti beberapa festival kebudayaan, salah satunya adalah Mid Autumn festival. Mid autum festival tahun ini diadakan pada tanggal 20 September 2013, festival ini diadakan pada hari ke 15 penanggalan cina atau tepat pada bulan purnama. Festival ini diadakan dalam rangka memperingati pertengahan musim gugur dan megamati indahnya bulan purnama. Festival ini biasanya dimeriahkan oleh anak-anak yang bermain keluar sembari membawa lampion pada malam hari. Terdapat beberapa legenda yang dipercayai oleh warga setempat berkaitan dengan festival ini. Legenda pertama adalah kisah seseorang bernama Cuoi yang istrinya tidak sengaja mengencingi pohon beringin keramat kemudian pohon tersebut melayang, Cuoi berusaha untuk menarik pohon tersebut namun dirinya ikut melayang hingga terdampar di bulan, warga setempat percaya cahaya lampion yang dinyalakan anak-anak akan menunjukan jalan pulang bagi Cuoi. Legenda kedua adalah legenda mengenai ikan mas yang ingin berubah menjadi naga, ikan mas bekerja bertahun-tahun melawan arus sungai hingga akhirnya berhasil menjadi naga, dan untuk memperingati kesuksesan sang ikan mas maka warga mengadakan mid autumn festival.
Pada kesempatan ini kami diajak oleh perkumpulan pemuda Food Science and Technology Faculty, Nong Lam University untuk meramaikan mid autumn festival di salah satu panti asuhan. Disana para panitia mengajak anak-anak bermain games dan juga mempertontonkan sebuah pertunjukan barongsai mini untuk anak-anak di panti asuhan. Saat suasana mulai gelap dan bulan purnama mulai terlihat para panitia membagikan lampion kepada anak-anak lalu kami membuat lingkaran besar dilanjutkan dengan menari dan menyanyi bersama. Kegiatan ini sangat menyenangkan, disamping dapat mengetahui salah satu budaya di Vietnam menikmati indahnya bulan purnama dan cahaya lampion, kami juga merasa senang dapat tertawa bersama anak-anak di panti asuhan tersebut.


Oleh Maulid Doni Rahman (Undergraduate Student of Department of Food Science and Technology Bogor Agricultural University)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar