Senin, 31 Maret 2014

Sampah, ukuran kecil dan memperkecil ukuran

meremukkan botol, mengurangi volume sampah yg kita buang (foto :dok pribadi)
kembali lagi bicara soal lingkungan, kalo bicara ingkungan kita pasti ngga jauh-jauh ingetnya tentang apa coba? bisa tentang sampah, tentang air, tentang kelangsungan hidup ekosistem, dan sebagainya. Tapi yang mau gue bahas disini adalah mengenai SAMPAH, ya sampah yang sekarang ini cukup menjadi masalah serius yang dihadapi terkait dengan berbagai macam masalah lingkungan yang lainnya.
pikiran atau ide ini memang baru beberapa hari yang lalu gue dapet akibat dari seminar salah satu temen yang gue datengin yang ngebahas mengenai kemasan kecil dan dampaknya ke lingkungan. Ya pernah ngga sih kepikiran kalo tenyata kebanyakan masyarakat kita pada kelas menengah ke bawah atau mungkin kelas atas sekalipun masih menyukai membeli (misal) makanan/snack dengan kemasan kemasan kecil? ya kemasan yang bisanya dijual dengan harga Rp 500 atau Rp 1000. Terus apa hubungannya? okey misal nih ya lo beli snack coklat dengan berat 20 gram seharga Rp 500 sebanyak 5 buah berarti ada berapa sampah plastik yang kita hasilkan? ya 5 buah sampah plastik sudah kita produksi dan turut berperan dalam efek negatif plastik untuk lingkungan. By the way, itu baru seorang ya, misal juga bukan cuma lo yang beli snack coklat, ada satu juta warga indonesia yang beli snack coklat yang banyaknya sama kayak lo dalam sehari, terus berapa sampah yang dihasilkan? ya gampangnya akan ada LIMA JUTA SAMPAH PLASTIK yang akan menunggu beratus-ratus juta tahun lagi untuk diurai.... kalo dipikir-pikir juga kenapa kita ngga membeli dengan kemasan yang lebih besar yang bisayanya kalo dihitung-hitung bisa lebih murah, misal snack coklat kemasan kecil 1 pcs Rp 500 tapi kalo beli kemasan yang besar isinya 10 pcs tapi harganya Rp 4000 bisa hemat seribu kan? sampahnya juga jadi cuma satu :p hahahaha, yah pasti masih banyak alasan-alasan lain yang membuat kita masih menyukai membeli produk dalam kemasan kecil, ya gue cuma mau ngingetin aja gimana efek dari kemasan-kemasan kecil ini mungkin saran gue juga ngga bisa langsung mengena ke semua pihak cuma bisa berharap kurangi konsumsinya buat produk dengan kemasan-kemasan kecil yang bisa memperburuk kondisi lingkungan disekitar kita.
masih soal sampah dan ukuran yang kecil.kadang kala kita lupa kan misal beli air minum dalam kemasan botol (misal) 600 ml eh sampah botolnya masih dibuang utuh ke tong sampah berarti volume sampah bertambah 600 cm kubik, coba kalo lo bisa memberkecil ukuran sampah botol yang lo buang dengan cara meremas botol tersebut ke ukuran yang belih kecil jumlah sampah yang lo tambah yang tadinya 600 cm kubik bisa berkurang jadi misal cuma (misal) 100 cm kubik, contoh lain misal kita minum dari kemasan tetra pack, udah dikasih penjelasan kan sama tetra packnya kalo buang sampah bukalah ke empat lipatan kotak biar ukurannya jadi lebih tipis, baru deh buang. Wah tindakan yang sebenernya bisa kita lakuin atau kita biasain dalam kehidupan sehari-hari bisa juga ya mengurangi volume sampah :) *lebih disarankan juga buat bawa botol minum semdiri kemana-mana sih :p hehehe*

thanks yang udah mau baca postingan di blog ini, semoga postingannya bisa bermanfaat bagi yang baca dan terus sebarkan info yang mungkin terdengar sepele ini tapi bisa jadi efeknya untuk lingkungan bisa jadi ngga sepele ;)
sampah dari kemasan kecil, kecil sih tapi kalo konsumsinya banyak? (foto: dok pribadi)

1 komentar:

  1. Biaya pengolahan limbah 1 bungkus plastik bahkan bs lebih mahal dari harga 1 biji produknya @,@

    __
    JUAL sepatu lokal Bandung original MURAH,FREE ongkir se-pulau JAWA. DISKON setiap hari.SEGERA hubungi BBM: 75570084 , Whatsapp: 085727336911.
    http://sepatulokalbandung.wordpress.com/
    http://nandegastore.blogspot.com/
    www.facebook.com/nandegastore
    sepatufootwear.blogspot.com
    CINTA & BANGGA DENGAN PRODUK DALAM NEGERI

    BalasHapus