Minggu, 23 Maret 2014

surganya street food halal di Saigon

kalo ditanya makanan halal ada ngga sih di vietnam??? jawabannya ada kok, lumayan banyak malah di distrik satu, di distrik satu bayak tersedia restauran-restauran halal baik yang di sekitar ben tanh market atau di sekitar masjid sentral dong du. Tapi tau sendiri dengan kantong ala mahasiswa ngga mungkin banget mau sering-sering makan di restauran halal dengan harga yang bisa berkali-kali lipat dari yang ngga ada label halalnya :p hehehe....
berangkat dari latar belakang nyari makanan halal murah saat mengikuti program ASEAN International Mobility for Student (AIMS) di Ho Chi Minh City, Vietnam yang di biayai DIKTI, kami berlima cukup sering menjelajah distrik satu sepulang dari solat jumat untuk mencari spot spot atau tempat tempat yang menyajikan makanan halal dengan harga terjangkau. lets see dimana surganya street food halal di Saigon.

Sekitar Nancy Mosque, tepatnya di 505, TK 25/18, Tran Hung Dao Q.1

Pho Muslim

Warung pho ini menyediakan pho, pho  merupakan makanan khas Vietnam yang paling terkenal dan wajib dicoba. Pho bo terdiri dari mie yang terbuat dari tepung beras dan kuah kaldu sapi dan potongan daging sapi dilengkapi dengan bumbu khas Vietnam dan dedaunan khas Vietnam. Harga semangkuk pho adalah 35.000 VND. Di warung ini juga menyediakan bun bo hue makanan sejenis pho dengan kuah dan jenis mie yang berbeda yang juga wajib untuk dicoba, namun makanan ini hanya tersedia di sore hari.
pho bo, makanan iconik vietnam

try this tea tarik
Summer roll
Berupa bihun, sayuran, udang, dan telur dadar yang digulung dengan rice paper dan dicelup ke dalam saus kacang. Harganya 5.000 VND per buah.
cocolannya enak
Banh Bao
Merupakan bakpau khas Vietnam yang berisi daging sapi yang digiling dilengkapi kuning telur asin dan telur puyuh, rasanya juga sangat enak berbeda dengan bakpau-bakpau di Indonesia, harga untuk satu buah banh bao halal adalah 25.000 VND

Banh khot 

Merupakan pancake mini yang disajikan menggunakan nouc mam atau fish sauce. Harga  satu porsinya adalah 10.000 VND.   
ini mirip jajanan anak SD di indonesia, apa ya namanaya...


Sup cua

Merupakan sup sayuran berisi potongan sayuran dan suwiran ayam dan jamur kuping. Harga untuk satu porsinya 20.000 VND

yah maaf buat banh bao dan sup cua ngga ada gambarnya lupa belum minta fotonya sama qori, ya semua gambar makanan enak ini diambil oleh fotografer amatir kita qori emilia, terima kasih qori. sebetulnya tidak hanya di sekitar nancy mosque yang menjual makanan halal namun disinilah paling sering ditemui street food yang halal disamping kelima makanan diatas masih ada banyak lagi seperti hu tiu, com chien dan sebagainya juga bisa ditemui di sekitar nancy mosque ini. so bagi para traveler muslim yang ingin berjalan-jalan ke Ho Chi Minh City, street food disini patut dicoba ;)

2 komentar:

  1. wua!!!
    kangen sama makanan2 itu >.<
    terus ingat tausiyah pak sugeng dan jadi kepikiran buat berkarir disana coba >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama za, aku juga kangen makanan2 ini :9 cobalah berkarir disana kalo boleh sama suaminya za :p hahaha

      Hapus